Melihat Sejenak Peluang Bisnis Restoran Rumahan Tanpa Modal

Membuka bisnis tentunya perlu sesuai dengan minat Anda.

Dengan mempunyai usaha yang Anda sukai maka Anda akan merasa bahagia dalam melakukannya, sehingga membuat Anda menjadi tidak terlalu berat, kenapa? karena usaha yang Anda jalankan merupakan salah satu pekerjaan yang menyenangkan.

Bila Anda mempunyai kegemaran dalam hal memasak, maka hal tersebut bisa saja Anda kembangkan menjadi salah satu kegemaran yang menghasilkan rupiah.

Entah itu penghasilan kecil yang bisa membantu perekonomian keluarga Anda dalam bentuk kebutuhan pokok atau bahkan dengan penghasilan yang besar yang dapat mencukupi segala keperluan sekunder semisal, sepeda motor, mobil dan lain-lain.

Dan salah satu usaha yang bisa memanfaatkan hobi Anda yaitu membuka bisnis restoran rumahan.

Usaha restoran rumahan memang menguntungkan dan menjanjikan, karena setiap orang tentu memerlukan makanan kan? jadi dapat Anda bayangkan sendiri bila makanan yang Anda jual di sukai oleh pembeli Anda.

Tantangan dalam bisnis restoran rumahan adalah bagaimana masakan yang Anda tawarkan bisa laku dan disenangi oleh konsumen.

Disinilah Anda wajib berpikir keras untuk mengembangkan suatu ide dan juga memerlukan kreatifitas yang tinggi supaya usaha restoran rumahan yang Anda jalankan menjadi salah satu restoran yang terenak dan yang paling populer di kota Anda.

Saat ini banyak restoran rumahan yang bermunculan di Indonesia, dari yang skala kecil hingga yang langsung berskala besar.

Banyak restoran yang dijalankan di daerah tertentu sampai mencapai kesuksesan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya.

Ada juga restoran yang berhasil dan berkembang yang dijalankan oleh artis atau tokoh ternama di Indonesia, seperti restoran Vidi Aldiano.

Usaha restoran juga bisa mencapai keberhasilan karena menu yang dijual sesuai dengan target konsumennya, yakni pecinta menu masakan tersebut, seperti restoran sea food.

Bisnis restoran rumahan, saat ini terasa semakin berkembang dalam dunia perdagangan.

Setiap manusia butuh makan, jadi tak heran, jika usaha restoran rumahan selalu tak ada matinya.

Sebab untuk mencukupi keperluan primer setiap orang.

Tetapi, untuk mengawali dan mengelola restoran juga tidak boleh sembarangan karena bisa jadi akan tutup di tengah jalan.

Baca juga  Cara Menggiling Daging agar Empuk
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam bisnis restoran.

1. Menu Masakan

Menu masakan merupakan salah satu yang hal sangat penting dalam suatu usaha restoran, karena menu ini yang akan menentukan berhasil tidaknya suatu bisnis restoran.

Jadi jika Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran, maka alangkah lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang sekiranya paling laris dan populer di daerah Anda.

Anda juga dapat memilih menu masakan yang tidak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku

Bahan baku dapat didapat dengan melakukan kerja sama dengan supplier sayur-mayur dan sembako atau bisa langsung berbelanja ke pasar tradisional ataupun modern.

Pastikan kualitasnya baik karena akan berpengaruh terhadap rasa masakan.

3. Survey Pasar

Untuk dapat mengetahui keperluan pelanggan, survey pasar harus dilakukan.

Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain-lain.

Dengan demikian, Anda akan mempunyai gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style bisnis Anda.

4. Ciri Khas

Sebuah restoran pun harus memilki sebuah ciri khas supaya sang konsumen tidak sulit untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-restoran-tanpa-modal/

Keuntungan Menggiurkan Dari Peluang Usaha Roti O


Bisnis rumahan semacam ini masuk kedalam jenis ukm yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan space terbatas.

Cukup dengan memakai dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat berjalan karena peralatan berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Usaha roti o rumahan semacam ini juga dapat dijalankan di berbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pernah melihat di warung-warung pinggir jalan roti seperti ini dijajakan dengan berbagai rasa seperti coklat, moca, susu dan lain lain.

Roti o dijajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan macamnya.

Itu merupakan hasil dari produk bisnis roti o kelas rumahan ini, umumnya mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk memeriksa berapa roti o yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga menyetok kembali apabila stok roti o di warungnya mulai habis.

Cakupan penjualannya bergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti o yang dijalankan.

Jika daya produksi rotinya masih minim biasanya lingkup pemasarannya cuma disekitar wilayah pembuatannya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun sepeda.

Sedangkan untuk usaha pembuatan roti o rumahan yang telah berskala cukup besar, lingkup penjualan mereka umumnya lebih luas karena kemampuan produksi rotinya pun sudah lebih besar.

Tentu armada yang digunakan untuk pemasaran biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan penjualannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Cara Memulai Usaha Roti O Rumahan

Tertarik dengan model usaha seperti ini? Paling awal yang harus Anda persiapkan ialah kemampuan atau keterampilan untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri ataupun dengan mempekerjakan sumberdaya yang berpengalaman dibidang pembuatan roti.

Sesudah itu juga mesti diberikan berbagai macam alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam penyediaan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak biaya usaha karena harga dari tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang umum digunakan adalah:

Baca juga  Peluang Usaha Kopi Rumahan
Mixer, yang berguna untuk membuat adonan utama pembuatan roti o.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berperan untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan membagi adonan roti supaya ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti O.

Berbagai jenis alat penunjang lain juga diperlukan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain lain.

Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merknya, sebagai perkiraan harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan.

Sehingga jika Anda ingin secara lengkap mempunyai semua mesin produksi roti ini, dana yang harus Anda persiapkan antara 30 hingga 50 jutaan.

Cukup besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu berkecil hati kalau modal bisnis pembuatan roti rumahan Anda tidak sampai angka di atas.

Contoh yang kami ulas di atas hanyalah sebagai gambaran biaya yang dibutuhkan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

Comments

Popular posts from this blog

Mencoba Bisnis Daging Rusa

Cara Membuat Hot Dog Sosis

Begini Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri yang Lezat