Cara Membuat Tepung Fumayin dengan Mudah

Ketika Anda akan membuat makanan, maka yang pertama yang harus Anda ketahui adalah bahan dasar berupa apa yang harus Anda pakai. Jika Anda akan membuat bubur ayam niscaya Anda akan terbayang bahan dasar berupa beras. Apakah beras putih ataupun beras merah tergantung bubur ayam yang akan Anda buat.

Apabila Anda ingin membuat kue donat untuk bisnis misalnya, maka segera terlintas bahwa bahan dasarnya adalah tepung. Tapi Anda tidak bisa begitu saja asal beli tepung, karena tepung itu ada berbagai macam.

Setiap jenis tepung memiliki kegunaan tertentu dan akan lebih maksimal jika digunakan sebagai bahan dasar makanan tertentu. Ada juga tepung yang khusus digunakan untuk pakan ternak ataupun pupuk tanaman.

Menurut bapak Djoni Wibowo (2012), Tepung merupakan zat padat yang berbentuk butiran halus malahan sangat halus tergantung pada penggunaannya. Tepung biasanya digunakan untuk bahan baku sektor industri, keperluan riset, bisa juga digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, misalnya membuat kue atau roti.

Tepung dibuat dari aneka jenis bahan nabati, yaitu dari kelompok tanaman padi, tanaman umbi, akar-akaran, atau sayur-sayuran yang mempunyai kanji. Contoh tepung nabati yaitu tepung terigu yang sumbernya dari gandum, tepung tapioka yang sumbernya dari singkong, tepung maizena yang sumbernya dari jagung, tepung ketan yang asalnya dari beras ketan. Tepung juga bisa dibuat dari bahan hewani, seperti tepung tulang dan tepung ikan.

Menurut The Culinary Institute of America (2011) menyatakan bahwa Tepung adalah gabungan dari air yang sangat dingin dan lemak padat yang dingin yang merupakan komponen-komponen dasar dari kebanyakan produk adonan.

Simpulan dari dua sumber tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasanya tepung merupakan bahan baku dasar pada produk roti dan pastel. Sebagian besar tepung dibuat dari bahan nabati, misalnya umbi-umbian dan biji bijian. Ketika membuat adonan, tepung berperan untuk membentuk tekstur, memberikan cita rasa, mengikat bahan yang lain dan mendistribusikannya dengan merata.

Itulah sekilas pengetahuan tentang tepung secara general. Tepung memang kebanyakan digunakan untuk bahan baku kue dan makanan, utamanya tepung terigu.

Hal pertama yang mesti dilakukan untuk membuat tepung yaitu membersihkan bahan baku tepungnya. Pastikan bahan baku tepung tidak berisi racun yang membahayakan. Bahan baku tepung dapat direndam dengan air yang bersih terlebih dahulu barulah dikeringkan di bawah terik matahari.

Waktu yang dibutuhkan untuk perendaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan bahan baku. Seandainya tahap perendaman bahan dasar tepung memerlukan waktu yang lama, sebaiknya air yang dipakai harus diganti setiap 12 jam sekali.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-tepung-fumayin/
https://ramesia.com/

 Cara Membuat Hotdog yang Simpel

1. Memodifikasi Produk untuk Memperbesar Peluang Usaha Hotdog
Untuk mengembangkan usaha hotdog Anda, salah satu hal yang penting dikerjakan adalah memodifikasi barang dagangan atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang Anda miliki. Ingat, memodifikasi barang dagangan yang sudah ada lebih baik daripada harus menciptkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk penelitian dan testing market.

Sekarang coba lihat, di dalam peluang usaha hotdog yang Anda jalani siapa sajakah kompetitornya dan apa saja fitur maupun keunggulan dan kekurangan dagangan dan jasa layanan kompetitor tersebut. Lalu pelajari juga tren yang ada sekarang ini, misalnya trend warna, rasa, dan lain-lain.

Hasil dari riset tersebut bisa menciptakan ide segar untuk modifikasi dagangan yang unik, pas dengan selera pasar dan mengikuti trend. Peluang bisnis hotdog akhir-akhir ini semakin banyak dilirik orang-orang, itu berarti saatnya Anda memberikan yang terbaik untuk usaha ini.

Satu saran juga untuk Anda yaitu untuk memperhitungkan biaya-biaya untuk memodifikasi produk. Modifikasi barang dagangan tidak selalu berbiaya yang mahal. Ingat tujuan Anda adalah untuk menambah keunikan dan nilai tambah bukan menjadikan barang dagangan atau layanan Anda lebih mahal.

2. Membundling Barang untuk Mengembangkan Peluang Bisnis Hotdog
Kalau pada poin pertama sudah dibahas bagaimanakah cara memperbesar peluang bisnis dengan memodifikasi barang, pilihan yang kedua adalah bundling dagangan.

Apakah itu bundling produk? Simpelnya yaitu Anda menjual produk A ditambah produk B dengan harga paket. Ataupun kalau telah beli produk A maka produk B bisa dibeli dengan harga yang lebih murah. Misalnya bundling barang antara produk Rexona dan Adidas atau Nike misalnya, untuk setiap pembelian produk Adidas mendapatkan Rexona for Man.

Bundling produk dapat dilakukan dengan membuat paket-paket antara produk A dan B di perusahaan kita sendiri ataupun jika lebih jauh lagi bisa dilakukan bundling produk antara perusahaan Anda dan perusahaan lainnya. Peluang usaha dari kedua perusahaan dapat tumbuh lebih cepat.

Baca juga  Memahami Elemen, Desain, dan Model Struktur Organisasi dalam Perusahaan
3. Kembangkan Peluang Usaha: Buat Nama Produk yang Unik
Apakah nama merk dapat memengaruhi peluang bisnis yang kita jalankan? Nama produk yang unik dan khas tidak jarang membuat banyak orang menjadi tertarik untuk membelinya. Apalah arti dari sebuah nama? Penamaan merk yang khas dan unik akan membuat mudah pasar mengingat apa saja yang kita tawarkan.

Anda ingat dengan merek rawon setan? Bunga gelombang cinta? Donat pink? Dan sebagainya. Nama/brand yang unik dan khas harus dipikirkan sehingga konsumen mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Jadi lebih bagus lagi kalau nama produk yang Anda tawarkan mengandung arti tertentu.

Peluang bisnis harus digarap semaksimal mungkin menggunakan brand/ nama merk yang maksimal juga.

4. Kembangkan Peluang Usaha: Jalin Kerjasama dengan Komunitas
Community marketing disebutkan oleh ahli marketing menjadi strategi pemasaran yang ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia, khususnya di negara Indonesia, sangat senang sekali membuat komunitas dan mengerjakan aktivitas secara bersama-sama.

Peluang bisnis yang Anda kerjakan dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan kerjasama dengan para komunitas. Garuda Indonesia misalnya, memanfaatkan komunitas pecinta golf untuk bekerjasama dalam beberapa acara dan program penjualan Garuda Indonesia.

Jumlah anggota yang sangat banyak, hal lainnya kekuatan mereka untuk menyebarkan informasi produk/ layanan Anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas-komunitas untuk mengembangkan peluang bisnis hotdog Anda.

5. Kembangkan Peluang Usaha: Promosikan Melalui Social Media
Anda masih ingat dengan makanan kripik pedas Maicih? Ya, produk ini merupakan salah satu contoh produk yang sukses menggunakan social media (media sosial) untuk penetrasi pasar. Brand lainnya adalah Brodo, merk sepatu kulit asal kota Bandung, dan masih banyak lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Mencoba Bisnis Daging Rusa

Cara Membuat Hot Dog Sosis

Begini Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri yang Lezat