Kiat-kiat Sukses Usaha Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan bisa menjadi pilihan usaha yang pas untuk Anda kelola. Makanan camilan sudah menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Dan masih banyak masyarakat yang ingin menjalankan bisnis ini.

Usaha makanan ringan termasuk bisnis yang sangat prospektif ke depannya. Karena makanan ringan banyak dikonsumsi masyarakat saat sedang bersantai, menonton tv, begadang, nonton layar lebar, belajar atau ketika hendak melakukan aktivitas yang lain.

Akan tetapi, apabila Anda hanya melihat tanpa melakukan tindakan dalam bidang ini memang akan meragukan. Oleh sebab itu Anda mesti mencoba dan menggerakkan usaha ini sebagai salah satu usaha Anda.

Sebenarnya dengan menggeluti usaha makanan ringan akan membuat Anda maju dan sukses karena profit yang bisa didapat lumayan besar. Apalagi, jika Anda pandai mengkreasikan bentuk makanan ringan Anda, maka bisnis Anda akan mudah mengembang dan sukses.

Kunci Sukses Seorang Pendatang Baru dalam mengelola bisnis Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan membutuhkan keuletan dan pengelolaan yang baik. Mayoritas pengusaha makanan ringan yang berhasil merupakan pebisnis yang telah lama berbisnis sehingga memiliki pelanggan tetap, terlebih lagi makanan ringan yang dipasarkan benar-benar inovatif dan mempunyai rasa yang sedap karena kunci utama bagi para perintis usaha makanan ringan ialah kreatif dan inovatif.
Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam usaha makanan ringan, antara lain sebagai berikut:

Makanan Ringan yang Anda Jual Mempunyai Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan dijual mesti memiliki kualitas yang baik, baik dari segi bahan dasar yang digunakan, segi pengolahan maupun dari segi pengemasan.

Baca juga  Melihat Peluang Usaha Makanan Kemasan Siap saji
Bahan dasar yang dipakai benar-benar higienis dan tidak mengandung unsur zat berbahaya. Cara pengolahannya pun harus sesuai prosedur. Misal, olah makanan ringan Anda dengan minyak yang sudah teruji dan diganti secara teratur.

Kemudian wadahi makanan ringan yang telah selesai digoreng dengan memakai kemasan yang baik dan menarik.

Harus Mempunyai Bentuk Desain yang Memikat Dalam Produknya Maupun Cara Pemasarannya
Pengusaha camilan yang berhasil ialah pengusaha yang selalu kreativ dalam menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga membuat produk Anda lebih gampang ditemukan dan dapat dibedakan oleh konsumen.

Oleh sebab itu tidak masalah jika produk yang Anda jual telah banyak di pasaran, asalkan makanan ringan yang Anda jual tersebut berbeda dengan produk yang telah beredar.

Ciptakan Relationship dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas
Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dengan bijaksana, tanpa mempedulikan Anda kenal atau tidak dengan customer tersebut. Tinggalkan kesan yang bagus kepada customer, sehingga customer dengan mudah untuk mampir kembali.
Selain itu gunakanlah media sosial untuk membranding produk makanan camilan Anda agar dapat menciptakan hubungan yang dekat dengan pembeli, karena hal ini akan memberi dampak positif, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut pelanggan.

Promosi dari teman ke teman terbukti sangat bagus untuk mendapat pelanggan baru serta meningkatkan omset.

Mempunyai Strategi Penjualan yang Bagus
Mempunyai Strategi marketing yang bagus akan mempengaruhi keberhasilan usaha Anda kedepannya, oleh sebab itu, sebagai perintis usaha makanan ringan, Anda harus dapat menggunakan tips pemasaran yang bagus serta mampu membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan penjualan Anda. Seperti memberikan diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada orang-orang di wilayah yang menjadi tempat penjualan.

Sumber : https://ramesia.com/kiat-sukses-usaha-makanan-ringan/
https://ramesia.com/

Cara Membuat Makanan Hot Dog yang Enak dan Simpel


1. Memodifikasi Produk untuk Memperbesar Peluang Usaha Hotdog
Untuk mengembangkan usaha hotdog Anda, salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan adalah memodifikasi barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang Anda miliki. Yang harus diingat, memodifikasi barang yang telah ada sangat baik dibandingkan harus menciptkan produk atau layanan baru yang memerlukan waktu lebih lama untuk riset dan testing market.

Sekarang coba lihat, dalam peluang usaha hotdog yang Anda mulai siapa saja pesaingnya dan apa saja fitur maupun kelebihan dan kekurangan dagangan dan layanan pesaing tersebut. Kemudian pelajari juga trend yang ada saat ini, contohnya trend warna, rasa, dan lain-lain.
Hasil dari riset-riset ini akan memicu munculnya ide yang segar untuk memodifikasi barang yang unik, pas dengan selera masyarakat dan mengikuti trend. Peluang bisnis hotdog kini banyak dilirik masyarakat, saatnya Anda memberikan yang terbaik untuk usaha ini.

Satu saran tambahan untuk Anda yaitu untuk memperhitungkan biaya untuk memodifikasi produk. Modifikasi produk tak perlu berbiaya mahal. Jangan lupa tujuan Anda adalah menambahkan keunikan dan added value bukan menjadikan barang dagangan atau layanan Anda menjadi lebih mahal.

2. Membundling Barang untuk Memperbesar Peluang Bisnis Hotdog
Jika pada poin yang pertama telah dijelaskan bagaimanakah cara mengembangkan peluang bisnis dengan memodifikasi barang, pilihan kedua adalah bundling produk.

Apa itu bundling produk? Simpelnya adalah Anda menjual produk A ditambah produk B dengan harga paketan. Ataupun kalau sesudah membeli produk A maka produk B bisa dibeli dengan biaya yang lebih murah. Contohnya bundling produk antara Rexona dan Adidas atau Nike misalnya, untuk tiap pembelian produk Adidas mendapatkan Rexona.

Bundling produk bisa kita lakukan dengan membuat paket-paket antara produk A dan B dari perusahaan sendiri atau jikalau lebih jauh lagi dapat dilakukan bundling produk dari perusahaan Anda dan perusahaan lainnya. Peluang usaha di antara kedua perusahaan dapat tumbuh lebih besar.

Baca juga  Aneka Menu Resep Semur Daging Sapi Ayam Dan Kambing Spesial
3. Kembangkan Peluang Usaha: Buat Nama Produk yang Khas
Apakah nama merek bisa memengaruhi peluang usaha yang kita jalankan? Nama merek yang khas dan unik tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalah arti sebuah nama? Penamaan merk yang khas dan unik akan memudahkan pasar untuk ingat apa yang kita tawarkan.

Apa Anda ingat dengan merek rawon setan? Bunga gelombang cinta? Donat pink? Dan lainnya. Nama/brand yang khas harus dipikirkan agar konsumen menjadi mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Akan lebih bagus lagi kalau nama merek yang Anda tawarkan memiliki arti.

Peluang usaha harus digarap semaksimal mungkin menggunakan brand/ nama produk yang maksimal juga.

4. Mengembangkan Peluang Usaha: Bekerjasama dengan Komunitas
Community marketing dijelaskan oleh para ahli dapat menjadi strategi pemasaran ampuh hingga beberapa tahun ke depan, mengingat manusia, khususnya di negara Indonesia, sangat senang sekali membangung komunitas dan melakukan kegiatan bersama.

Peluang usaha yang Anda jalankan bisa memanfaatkan momentum tadi untuk melakukan kerjasama dengan para komunitas yang ada. Garuda Indonesia misalnya, memanfaatkan komunitas golf untuk bekerjasama dalam beberapa acara dan program penjualan Garuda.

Jumlah anggota yang banyak, hal lainnya kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk/ layanan Anda jadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas-komunitas untuk mengembangkan peluang bisnis hotdog Anda.

5. Kembangkan Peluang Usaha: Promosi Menggunakan Media Sosial
Anda masih ingat kripik Maicih? Ya, produk ini adalah salah satu contoh dari merk yang sukses menjadikan social media (media sosial) untuk penetrasi pasar. Merk lainnya adalah Brodo, merek sepatu kulit dari Bandung, dan masih sangat banyak lagi contoh yang lain.

Memanfaatkan social media untuk memperbesar peluang usaha menjadi pilihan utama di tengah mahalnya budget iklan di media konvensional. Selain itu channel social media dapat dikelola sendiri oleh Anda.
Perlu Anda ketahui juga pengguna media sosial di Indonesia sudah sangat banyak dan merupakan pengguna aktif, di Twitter misalnya, negara Indonesia sering menyumbang trending topic dunia untuk pelbagai isu.

Adapun untuk Facebook telah menjangkau sampai pelosok desa karena makin banyaknya HP murah sehingga makin banyak yang bisa mengakses internet. Banyak orang-orang menggunakan social media untuk mengembangkan peluang bisnis yang mereka lakukan.

Comments

Popular posts from this blog

Mencoba Bisnis Daging Rusa

Cara Membuat Hot Dog Sosis

Begini Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri yang Lezat