Usaha Kopi Durian yang Menjanjikan

Kopi adalah tipe minuman yang paling digemari banyak orang mulai dari anak muda, dewasa sampai orang tua. minuman kopi yang sedap dan mantap benar-benar sesuai diminum saat kapanpun. Mengkonsumsi kopi telah menjadi kebiasaan bagi warga Indonesia sejak dahulu sampai sekarang. Ngopi sendiri banyak dilakukan masyarakat di dini hari, sore hari dan pada malam hari yang merupakan waktu yang pas untuk menikmati kopi.

Sudah tak heran lagi, kebiasaan ngopi ini sudah mengakar bagi masyarakat mulai dari kelompok ekonomi menengah bawah sampai ekonomi atas. Seluruh kalangan masyarakat sungguh banyak yang ketagihan kopi, sehingga seperti akan ada yang kurang jika meninggalkan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi sendiri merupakan jenis minuman yang diolah dari pengolahan butir kopi. Bulir kopi itu didapat dari pohon kopi yang sudah masak dan dalu yang setelah itu dikupas lalu dijemur terlebih dahulu. Setelah fase penjemuran lanjut dengan fase penyangraian kopi yang berguna untuk menghasilkan rasa serta aroma kopi yang lebih enak. Metode ini dilakukan dengan menggoreng kopi tidak menggunakan minyak, setelah tahapan sangrai selesai biji kopi bisa digiling agar mendapatkan bubuk kopi yang halus dan sempurna. Bubuk kopi inilah yang dinikmati untuk dibuat menjadi minuman yang nikmat.

Negara Indonesia adalah negara yang menghasilkan kopi dengan kuantiti paling besar di dunia. Maka tak heran jika kopi dari Indonesia telah terkenal sampai mendunia. Salah satu jenis kopi yang mempunyai rangking nomor satu dengan kualitas terbaik dan terunggulnya adalah jenis kopi luwak. Kopi ini dihasilkan dari sisa pencernaan hewan luwak yang dijual dengan nominal harga sangat besar.

Ramainya pengidola kopi di negeri ini dapat memberikan sebuah peluang bisnis kopi yang menggiurkan serta membanggakan. Minuman yang jadi incaran serta kesukaan masyarakat tentu akan memberikan income bisnis yang baik bagi pengusaha bisnis kopi. Di masyarakat Indonesia sudah ramai bermunculan para pelaku bisnis kopi dari kedai kopi sederhana sampai kedai kopi modern. Apalagi jika kopi yag disajikan memiliki banyak varian rasa, maka kemungkinan besar menjadi faktor penting yang membuat bisnis kopi yang dijalankan semakin ramai pelanggan. Dan salah satu rasa kopi yang banyak disukai adalah kopi rasa durian.

Bisnis kopi durian akan banyak dibanjiri para pelanggan yang ingin nongkrong atau bercengkerama dengan teman, saudara, pacar dan lainnya sambil menikmati secangkir kopi durian. Warung kopi merupakan tempat yang strategis dengan penggemar kopi dari waktu ke waktu tidak ada terkendala cuaca panas maupun hujan. Hal inilah yang membuat ramai penjual bisnis kopi durian yang meraih keberhasilan dengan income penjualan yang tinggi.

Terpana untuk menekuni usaha kopi durian yang menjanjikan? Kesempatan berbisnis kopi durian memang masih terbuka luas untuk siapa saja yang mau terjun langsung dalam usaha tersebut. Bisnis ini mudah ditekuni tanpa harus mempunyai kemampuan khusus dalam mengerjakannya. Meracik kopi durian tentulah tidak rumit dan susah semisal membuat racikan bumbu masakan kuliner. Dengan kemudahan proses pembuatan kopi durian yang simpel menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah kalangan untuk menjalankan bisnis kopi.

Baca juga  Cara Mudah Bisnis Distributor Roti dengan Keuntungan Besar
Meracik kopi durian sendiri mempunyai cara yang praktis dan umum yakni dengan menaruh gula dan kopi kemudian tambah dengan perasa durian dan air hangat, kopi durian pun telah siap. Cara mudah Membuat kopi durian juga banyaknya penggemar atau pelanggan kopi di Indonesia ini membuat usaha kopi durian peluang suatu bisnis yang menguntungkan. Lalu bagaimana cara memulai atau membuka usaha kopi durian ? Untuk mempelajari usaha kopi durian ini Anda bisa menyimak hal-­hal di bawah ini:

Mengawali Bisnis Kopi Durian
Sedikitnya ada beberapa hal yang harus Anda rancang untuk mengawali bisnis ini. Pahami betul dengan seksama.

1. Sasaran Customer
Anda harus memikirkan matang-matang siapa target konsumen Anda. Siapakah yang nantinya menjadi customer prioritas usaha kopi ini. Berapa penghasilannya. Bagaimana mereka menganggap racikan suatu kopi. Kelas apakah mereka? Pelajar, pekerja pasar, kaum borjuis, eksekutif kantoran, ataukah para pecinta kopi?

Memahami tingkah laku customer dapat membantu memetakan teknik berikutnya. Contohnya tempat yang sesuai, bentuk kode yang cocok, dan tarif yang pas untuk kopi Anda. Jika modal Anda kecil dan menarget pelanggan golongan menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan sahabat atau investor yang mau membiayai bisnis Anda.

Langkah termudah mendapatkan investor adalah mengajukan surat tanah atau BPKB kita ke Bank. Akan tetapi ada tips lain yang paling mudah dan hemat. Cobalah untuk ikut serta acara-acara business plan competition yang diselenggarakan oleh berbagai badan. Misalnya enterpreneurship competition. Jika berhasil, Anda akan mendapat pendanaan secara gratis.

2. Tempat Bisnis Kopi
Anda wajib menemukan tempat sangat strategis untuk membuka usaha kopi ini. Tempat merupakan hal penting dalam perjalanan bisnis Anda. Misalnya saja Anda mau menggunakan rencana warung kopi sederhana, maka Anda harus menggunakan tempat yang selalu berdekatan dengan khalayak ramai yang gampang dijumpai.

Begitu juga jika Anda akan merencanakan usaha kopi dengan kedai. Hal ini dapat sangat menolong bila tempat yang Anda temui adalah lokasi yang bersinggungan dengan kampus, swalayan, sekolah, kantor, dan lain-lain. Namun bila Anda lebih berminat untuk menyuguhkan lidah pecinta kopi pada suatu tempat yang relax, Anda dapat menentukan lokasi di tempat hiburan.

3. Mendapatkan Vendor
Ini adalah hal penting, yang kadang diremehkan. Jika Anda membuka kopi untuk sasaran customer kalangan menengah ke bawah. Anda tidak usah galau mendapatkan vendor, di pasar ramai penjual kopi dari langsung ataupun tidak.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-kopi-durian/

Peluang Usaha Es Krim Campina


Kimia dari Es Krim

Es krim berasal dari bahasa inggris yaitu ice cream. Kata “ice cream” sendiri mempunyai asal, yakni iced cream. Kalau dilihat, maka iced cream bermakna krim yang dijadikan. Memang biasanya bahan utama es krim ialah susu. Kemudian susu krim ini dicampur perisa atau buahan-buahan. Di samping itu es krim juga dikombinsasikan pemanis seperti sukrosa, sirup jagung, dan beberapa macam pemanis lainnya.

Sejarah Es Krim

Sebelum manusia melihat dan mengkonsumsi es krim yang seperti sekarang ini, manusia telah mengkonsumsi es krim sejak zaman pra sejarah. Tapi es krim yang dikonsumsi bukan es krim sebenarnya, akan tetapi salju yang dicampurkan dengan bermacam-macam makanan pelengkap lainnya. Semisal waktu abad ke-5 sebelum masehi, Hippocrates menasehati pasiennya untuk memakan salju yang dicampurkan dengan madu dan buah. Di daerah lainnya, yaitu Cina, kombinasi antara susu dan nasi beku digunakan pada abad 200 sebelum masehi.

Perkembangan es krim sehingga menjadi es krim yang seperti kita makan sekarang berjalan dari abad ke-16 sampai 19. Lalu es krim menyebar di seluruh dunia berlangsung pada abad ke-20-an. Yaitu waktu kulkas menjadi hal yang biasa. Pada waktu itu berlangsung kemunculan warung es krim dengan bermacam-macam tipe dan rasa. Satu di antaranya yaitu Baskin-Robbins, yang masih ada hingga sekarang. Usaha tersebut menciptakan 31 macam es krim. Saat ini, mereka mempunyai sekitar seribu variasi.

Es Krim Modern

Satu inovasi penting pada es krim waktu abad ke-20 adalah diciptakannya soft-served ice cream. Soft-served ice cream ialah es krim yang mengandung lebih banyak udara. Sehingga es krim ini lebih halus jika dibandingkan es krim pada umumya. Es krim ini jadi pilihan lain selain es krim keras.

Baca juga  Tips Memulai Usaha Makanan Beku Keliling
Sebelum penemuan kulkas modern, es krim cukup susah didapatkan dan langka. Ini karena es krim biasanya cuma bisa didapatkan waktu musim salju atau di tempat yang benar-benar bersuhu dingin.

Di abad ke-19 dan awal abad ke-20 pemrosesan es krim dilakukan dengan freezer-freezer khusus. Sekarang pembuatan es telah memakai mesin. Mesin es krim umumnya dibagi jadi dua tipe, yakni yang dipakai untuk membuat hard-served ice cream dan yang untuk memproduksi soft-served ice cream. Salah satu mesin tersebut bisa diperoleh di Ramesia Mesin.

Peluang Usaha Es Krim

Tidak cuma es krimnya saja yang menggiurkan. Peluang usaha es krim pun juga cukup lezat.

Mirza Akbar membangun Yogya Ice Cream tanggal April 2008. Waktu itu dia masih berusia 20 tahun dan adalah mahasiswa semester 4. Ketika mendirikannnya Mirza mendapatkan modal 40,7 juta dari orang tuanya. Modal itu ia peroleh dengan syarat ia tak menerima uang saku bulanan lagi setelah. Kemudian dia membangun usaha es krim dengan memakai tenda dengan biaya sewa 300rb rupiah setiap tahun.

Sekarang Yogya Ice Cream memiliki tak kurang 120 freezer yang menyebar di berbagai restoran di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu Yogya Ice Cream mencatatkan omset 300 juta rupiah per bulan bahkan bisa lebih.

Comments

Popular posts from this blog

Mencoba Bisnis Daging Rusa

Cara Membuat Hot Dog Sosis

Begini Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri yang Lezat