Begini Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri yang Lezat

Sejarah Siomai
Siomai atau somay yaitu satu diantara ragam kudapan. Dalam kamus Mandarin, kudapan ini banyak disebut sebagai shaomai, sementara dalam istilah Kanton dikenal sebagai siu maai. Pada bahasa Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Pembungkus siomai biasanya diolah dari bahan yang serupa dengan kulit pangsit. Jajanan ini kabarnya lahir di wilayah Mongolia Dalam.

Siomay khas Indonesia
Siomay ialah model makanan yang mempunyai cita rasa yang unik serta memiliki tekstur lembut dan kenyal. Siomay yang familiar di Indonesia merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari tanah pasundan dan lebih tepatnya berasal dari kota Bandung hingga sering disebut dengan siomay Bandung.

Jajanan khas kota Kembang ini umumnya diolah dari bahan dasar ikan. Dan untuk somay yang akan kami buat pada segmen ini ialah siomay yang berbahan dasar ikan tenggiri sehingga acap kali disebut dengan somay tenggiri. Selain sebagai bahan pembuat pempek, siomay ikan tenggiri terbukti memiliki cita rasa yang tak kalah lezatnya dengan somay ikan lainnya.

Untuk setiap proses pembuatan serta cara penyajiannya pun sama seperti somay ikan lainnya, yakni disajikan dengan guyuran sambal kacang yang gurih serta ditambahkan dengan perasan air jeruk sesuai selera.

Setiap orang bisa membuat makanan lezat yang satu ini tidak terkecuali Anda. Somay ikan tenggiri bisa dihidangkan sebagai makanan keluarga namun bisa mengganjal perut yang lagi keroncongan.

Agar menghasilkan somay yang enak cek terlebih dulu bahan yang kita gunakan adalah bahan yang benar-benar fresh dan bersertifikat halal. Dengan menjaga kesegaran bahan yang Anda gunakan, semoga saja kita bisa mendapatkan berkah dari Tuhan YME.

Bahan-Bahan:
Daging ikan tenggiri yang giling 450 gr
Bawang putih yang telah goreng sebanyak 2 sendok makan
Tepung sagu kurang lebih 125 gr
1 batang daun bawang selanjutnya potong halus
Minyak goreng seperlunya
1 butir Telur ayam

Bahan Bumbu yang dihalus :
2 siung bawang pth
Kaldu ayam bubuk 1 sdm
1 sendok teh garam
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Bumbu untuk sambal kacang :
kacang tanah yang telah goreng 250 gram
kemiri 3 buah
daun jeruk 2 lmbr
bawang putih 2 siung
air panas secukupnya
cabe besar 3 biji
cabe kecil merah 10 buah
gula putih 1 sendok makan
garam 1 sdt
Royko 1/2 sdt
bawang merah 3 siung

Baca juga  Peluang Bisnis Es Kelapa Segar Aneka Rasa
Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri :
Siapkan minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, angkat.
Aduk semua bahan baku menjadi satu selain tepung dan telur
Giling bahan yang diaduk dengan mixer hingga tercampur merata, alihkan adonan ke dalam tempat biasa.
Masukkan tepung serta telur dengan adonan yang sudah diaduk.
Uleni dengan tangan hingga menjadi adonan somay seperti yang diharapkan.
Ambil adonan somay secukupnya serta dicetak sesuai selera kemudian kukus hingga matang.
Sambil mendiamkan bahan siomay dikukus kita lanjutkan dengan mengolah saosnya dengan langkah mencampurkan semua bahan saos.
Haluskan bumbu saos yang telah dicampur kemudian diamkan sejenak.
Tumis bahan saos sampai matang, Angkat kemudian tunggu sampai dingin.
Angkat somay yang telah dikukus dan letakkan di atas piring saji.
Guyur somay dengan sambal kacang dan siap untuk dicicipi.
Demikianlah teknik membuat somay yang nikmat. Supaya lebih nikmat, Anda dapat menambahkan kecap manis secukupnya, telur rebus serta sari jeruk segar supaya makin mantap.

Bila Anda kesulitan dalam mengaduk bahan baku somay Anda bisa menggunakan alat bantu yang tersedia di Ramesiamesin.com.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-siomay-ikan-tenggiri/

Besarnya Peluang Usaha Sate Gerobak yang Patut Anda Coba


Usaha sate gerobak tak jarang dijual bersama sup atau gulai daging hewan yang dihasilkan dengan membubuhkan campuran tulang beserta kikil daging hewan. Daging hewan yang dipakai untuk memanggang sate sering mengambil potongan paha lantaran bagian ini lebih empuk sehingga lebih enak.

Pengolahan daging sate wajib sedikit demi sedikit agar daging sate tidak keras serta tidak meninggalkan bau basi yang kuat. Awalnya, sebelum daging sate dipanaskan, daging hewan lebih baik dilapisi memakai daun pepaya agar tidak alot. Daging hewan yang masih muda juga lebih lunak dibandingkan dengan daging hewan yang sudah tua. Kurang lebih usia daging hewan muda yang tepat untuk membuat usaha sate gerobak adalah tiga hingga 5 bulan.

Penjual sate tusuk dapat berjualan di pinggir jalan ramai di area sekitar pasar maupun lokasi sekitar kampus. Tak jarang, antar penjual sate tusuk mempunyai aturan bahwa untuk tempat tertentu hanya ada satu penjual sate saja. Maka, Anda harus memperhatikan area sekitar lokasi sebelum memutuskan berjualan di suatu tempat supaya tidak saling merugikan.

Perlengkapan yang pokok untuk memulai usaha sate gerobak misalnya gerobak, tenda, meja makan, kursi, panggangan sate, pisau, dan kipas bambu. Sarana dan prasarana makan berupa piring, mangkuk, gelas kaca, sendok makan dan garpu makan.

Sedangkan Tenda bisa dibuat berdiameter kecil atau sedang sesuai ukuran restoran dan tingkat bajirnya pembeli. Meja makan dapat disediakan 1 sampai kurang lebih dua meja dengan kursi 6 sampai paling tidak 10 kursi.

Pemilik bisnis dapat menyelesaikan masalah sendiri atau menyuruh sejumlah karyawan. Pekerja dapat menjalankan tugas memenuhi penawaran dari pelanggan atau membakar sate. Karyawan alangkah lebih baiknya dilatih dahulu bagaimana cara membakar sate yang professional supaya mengetahui tahap kematangan daging secara benar.

Baca juga  Cara Membuat Steak ala Restoran dengan Persiapan yang Mudah
Iklan dapat memanfaatkan baliho bertuliskan jenis bisnis yang ditempelkan mengelilingi tenda atau gerobak kayu Anda. Spanduk dapat ditambah foto sate panggang yang menarik perhatian sehingga dapat mendatangkan pembeli. Iklan selanjutnya bisa dilakukan dengan menyebar brosur, terutama ketika melayani pesan antar, melayani pesanan sate aqiqah maupun acara ulang tahun.

Resiko usaha sate gerobak antara lain menjamurnya penjual makanan serupa. Mutu dan perihal harga yang ditawarkan oleh pedagang sangat bervariasi sehingga pedagang sate kecil harus bisa mencari celah agar bisa bersaing.

Di bawah ini merupakan beberapa tips menjalankan usaha sate gerobakyang dapat Anda coba:

Mempertahankan kekhasan rasa dengan proses antara lain bumbunya lezat serta daging yang empuk. Daging sate yang empuk secara tidak langsung mampu menjangkau sasaran target konsumen usaha Anda, lantaran mulai dari anak kecil hingga orang berusia lanjut dapat mengkonsumsinya dengan mudah.
Lokasi yang ramai tidak bisa menjamin berpotensi sebagai area usaha sate. Sasaran pasar makanan tersebut pantas diposisikan kaum elite. Faktornya yaitu harga 1 santapan sate tusuk dinilai tidak murah bagi sebagian pembeli. Lokasi dekat perkantoran, perumahan besar, central jajanan merupakan beberapa contoh kecil strategis lokasi buat usaha sate gerobak.
Menjalin perjanjian kerjasama dengan supplier. Pada saat tertentu contohnya hari besar agama, harga daging sate tusuk mengalami kenaikan signifikan gara-gara banyaknya permintaan dari masyarakat. Membangun kesepakatan dengan rumah potong hewan atau peternak daging hewan mampu mengurangi resiko seperti kekurangan stok daging sate dan melonjaknya harga yang terlalu tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

Mencoba Bisnis Daging Rusa

Cara Membuat Hot Dog Sosis